ARTOTEL Group Resmi Sebagai Operator Kawasan Wisata Batuangus 369 Kota Bitung Sulawesi Utara

Triphacks.id-Jakarta, ARTOTEL Group resmi ditunjuk oleh PT Taka Anugrah Perkasa sebagai operator Kawasan Wisata Batuangus 369, sebuah resort yang berlokasi di kawasan Taman Wisata Alam Batu Angus, Kota Bitung, Sulawesi Utara. 

Kawasan ini dikenal dengan keindahan pantai dan hamparan bebatuan yang berwarna hitam. Kawasan Wisata Batuangus 369 akan menghadirkan sebuah resort yang mengusung konsep pariwisata ekologi. 

Dibangun di atas lahan seluas 13.18 Hektar, resort ini memiliki dua kompleks, yaitu Colosseum dan Resort. Perihal penamaan, angka 369 dalam nama Batuangus 369 mengacu pada penggabungan angka 360 dan 9. Artinya, resort ini akan menghadirkan pemandangan alam 360 derajat, di mana para pengunjung dapat menikmati pemandangan gunung, hutan, laut dan bukit sekaligus dari kawasan ini, serta mencerminkan identitas 9 suku Minahasa yang diangkat melalui konsep arsitektur hotel, vila serta seni kebudayaan yang ditampilkan di komplek Colosseum. 

Komplek Colosseum akan menghadirkan fasilitas hotel, vila, restoran, fasilitas konferensi dengan ballroom dan amfiteater berkapasitas hingga 2.000 pax, serta area outdoor untuk kolam renang dan fasilitas spa. 

Sedangkan komplek Resort akan menghadirkan fasilitas villa, kabin, camping ground, restoran, dan empat unit ruang konferensi dengan kapasitas 300 pax. 

Kawasan wisata ini akan mengangkat budaya lokal kota Bitung, sub-etnis Minahasa, dengan menampilkan konsep rumah panggung khas Minahasa yang dapat dilihat melalui arsitektur hotel, vila, ruang pertemuan dan wedding venue yang berada di komplek Colosseum. 

Selain itu, sejarah kebudayaan Minahasa juga akan dihadirkan melalui pameran benda-benda peninggalan dan seni pertunjukan budaya Minahasa yang dikemas secara modern dan akan rutin diselenggarakan di amfiteater guna memberikan edukasi budaya dan kearifan lokal kota Bitung kepada generasi muda. 

Tak hanya itu, kawasan ini juga akan menghadirkan area wisata kuliner yang menyajikan aneka hidangan lokal dengan melibatkan UMKM dan penduduk lokal. 

Eduard R. Pangkerego, Chief Operating Officer dari ARTOTEL Group mengatakan, “Dengan adanya kesamaan visi antara ARTOTEL Group dengan PT Taka Anugrah Perkasa selaku perusahaan pemilik kawasan Batuangus 369 dalam mendukung program Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata baru Indonesia dan mempromosikannya ke kancah internasional, kami dari ARTOTEL Group menyatakan siap untuk mengelola Resort Batuangus 369 dengan mengintegrasikan 4 pilar bisnis kami, Stay, Dine, Play, and Shop ke dalam resort ini. Kami akan mengelola hotel dan vila dengan menggabungkan unsur budaya lokal Minahasa dan cara modern, yaitu melalui seni kontemporer yang tertuang dalam setiap sudut fasilitas hotel, yang menjadi ciri khas dari hotel-hotel yang dikelola oleh ARTOTEL Group. Kami juga akan memberikan edukasi kebudayaan yang menarik untuk anak-anak muda, yang dalam hal ini merupakan target market Resort Batuangus 369, melalui seni musik dan pertunjukkan yang dikemas oleh divisi Play, serta melibatkan penduduk lokal dalam kegiatan operasional hotel dan villa, sesuai dengan visi dan misi ARTOTEL Group dalam mengelola hotel.” 

Pembangunan Kawasan Batuangus 369 baru saja dimulai, ditandai dengan acara peletakan batu pertama yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, pada tanggal 16 Februari 2022, dan diharapkan untuk mulai beroperasi pada awal tahun 2023. ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.