Donasi Sepatu, Gerakan Berbagi untuk Kurangi Sampah

Triphacks.id-Jakarta, Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 (HPSN), Cleanaction bersama Shoe Workshop berkolaborasi menggalang pengumpulan sepatu layak pakai bertajuk Donasi Sepatu. Gerakan ini berlangsung sejak sebulan sebelum HPSN yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. Kolaborasi ini berkembang luas dengan jejaring drop point di berbagai kota Indonesia, untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Penerima manfaat terutama insan-insan perawat bumi seperti petugas kebersihan, pemilah sampah, edukator 3R (reduce, reuse, recycle).

Fakta Sampah Fesyen
Setiap tahun, sektor fesyen menyumbang sampah sebesar 4 persen atau sekitar 92 juta ton. Tahun 1990 hingga 2004 terjadinya peningkatan pembelian sepatu sekitar 70 persen dan setiap 20 tahunnya pemakaian sepatu melonjak dua kali lipat dari sebelumnya. Indonesia menjadi salah satu negara yang melakukanpembelian sepatu dengan rata-rata 886 juta pasang alas kaki yang pertahunnya. Terdapat 20 miliar pasang sepatu yang dibuat di dunia dan Indonesia menduduki posisi ke-4 sebagai produsen alas kaki di dunia setelah China, India, dan Vietnam. Indonesia pun turut berkontribusi 4,6 persen dari total produksi sepatu di dunia.

Sepatu, sukar terurai di alam dan mengandung bahan tak ramah lingkungan. Sampah sepatu akan terurai pada 80 tahun kemudian. Bila berakhir di tempat pembuangan akhir dan mengandalkan alam, sampah sepatu ini membebani bumi. Demikian pun dalam produksi sepatu baru dari bahan dasar hingga ke tangan pembeli, terjadi mobilisasi yang meninggalkan jejak karbon. Kita perlu memanfaatkan sepatu yang ada terlebih dahulu atau mendaur ulang yang ada sehingga jejak karbon dari produksi sepatu baru, dapat memangkas emisi yang dihasilkan. Sebagaimana diketahui, gas emisi mengakibatkan perubahan iklim.

Inisiatif Donasi Sepatu
Gerakan Donasi Sepatu dimaksudnya membudayakan pengurangan sampah sepatu. Kita memperpanjang usia pemakaian barang, khususnya sepatu. Gerakan ini juga mengapresiasi pelaku peduli sampah di Indonesia. Negeri kita sudah darurat sampah, maka dimulai dari hal kecil untuk mengurangi sampah sepatu sehingga bisa bermanfaat lagi, adalah tindakan sederhana namun sangat berarti bagi bumi. Sasaran penerima manfaat yaitu para pelaku di bidang kebersihan dan perawatan lingkungan merupakan bentuk kebersamaan antar warga untuk saling menghargai profesi.

Dalam pelaksanaannya, Cleanaction bersama Shoe Workshop bergandengan dengan drop point champion di berbagai kota. Melalui informasi di media sosial, orang dengan mudah dapat mengirim sepatu layak pakai ke drop point di Bandung, Jakarta, Depok, Karawang, Serang, Cirebon, hingga Bali. Kriteria sepatu adalah sol sepatu tidak terlepas, tidak rapuh. Tidak ada bagian yang robek atau berlubang. Intinya, masih layak pakai untuk berkegiatan.

Prosedur penerimaan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Petugas drop point menerima dengan memeriksa kondisi sepatu sesuai kriteria dan mendokumentasikan foto. Pada prescon akan disampaikan jumlah yang terhimpun dari setiap drop point. Sejauh ini, lebih dari 1000 pasang sepatu terhimpun.

Cleanaction dan Shoe Workshop
Cleanaction adalah program inisiatif representasi masyarakat lintas profesi dan kolaborasi kampanyekan keberlanjutan untuk lingkungan membahagiakan. Inisiatif ini iperkuat dengan Deklarasi “Indonesia Bersih” yang ditandatangani Presiden RI bersama para Kepala Daerah (2014). Pesan yang digaungkan adalah collaborate, sustainability, campaign. Misi inisiatif ini adalah bergerak bersama mengubah pola pikir dan membangun kebiasaan untuk menerapkan perilaku beradab berkelanjutan.

Shoe Workshop adalah profesional reparasi sepatu di Kota Bandung. Layanan berbasis online, maka dapat melayani reparasi dari kota manapun, dari Sabang sampai Merauke. Untuk shoelovers di Pulau Jawa, bisa mendapat layanan free pick up. Para ahli sepatu di sini merawat sepatu sekaligus selalu ingin berkontribusi untuk perbaikan kondisi lingkungan.

Dafam Express Jaksa Jakarta menjadi salah satu area drop point champion kegiatan Gerakan Donasi Sepatu untuk kawasan Jakarta Pusat. Gerakan Donasi Sepatu ini disupport dengan baik rekan-rekan dari Dafam Hotel Management, Dafam Express Jaksa Jakarta, Himpunan Anak Media Jakarta, Komunitas Sepeda Federal Tangerang, beberapa perusahaan di Jakarta serta hampir lebih kurang 30 nama perorangan yang mengirimkan langsung atau melalui jasa kurir untuk mendukung gerakan donasi sepatu dan sampai dengan hari Sabtu. 20 Februari 2021 telah terhimpun lebih dari 380 pasang sepatu layak pakai.

Penerimaan sepatu didokumentasikan, tercatat dan disesuaikan dengan standar protokol kesehatan, Dafam Express Jaksa Jakarta sendiri telah memenuhi standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini ditandai dengan diterimanya sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) dengan score 100 persen dari Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif.

Dafam Express Jaksa Jakarta hotel berbintang 2 berkonsep milenial, desain, dekorasi dan warna di setiap kamarnya berbeda-beda, hotel ini pun melengkapi diri dengan self check in machine agar proses check-in lebih express. Hotel yang berlokasi di pusat jantung kota Jakarta ini menawarkan 101 kamar terdiri atas beberapa tipe kamar express twin, express double, express deluxe dan express family. ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *