Hankook Tire Raih Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi

 Triphacks.id-Cikarang, Menutup tahun 2020, produsen ban premium global PT Hankook Tire Indonesia meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi atas partisipasi aktif perusahaan dalam melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJLSP).

Pada Rabu (23/12) Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyerahkan penghargaan secara langsung kepada perwakilan perusahaan, IP Plant Corporate Management PT Hankook Tire Indonesia Aris Munandar. Hankook Tire berhasil mempertahankan penghargaan ini untuk yang ke-empat kalinya setelah sebelumnya diterima pada tahun 2013, 2017, dan 2019.

“Kami berterima kasih atas apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Bekasi. Sejak pabrik Hankook Tire berdiri di kawasan industri Cikarang tahun 2013 lalu, kami terus konsisten menjalankan kegiatan operasional yang memperhatikan kaidah keselamatan lingkungan, dengan semangat Reduce, Reuse, dan Recycle, serta melaksanakan program CSR untuk masyarakat setempat. Prestasi ini juga sejalan dengan nilai-nilai berkelanjutan yang dipegang oleh Hankook Tire Global,” ungkap Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia Choi Seok Ho.

Kabupaten Bekasi diketahui menjadi rumah bagi lebih dari 6000 perusahaan yang melaksanakan kegiatan manufaktur, sehingga komitmen dari para pelaku industri seperti Hankook Tire berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan keselarasan lingkungan serta masyarakat.

Dalam menjalankan program CSR, Hankook mensinergikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Sejak Juni 2019, Hankook Tire Indonesia merangkul masyarakat Desa Cicau, Cikarang, melalui program “Desa Binaan”, sebuah upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui kegiatan urban farming dengan kebun hidroponik.

Program ini bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran mengelola lingkungan sekaligus mampu berdaya secara ekonomi dengan menjual sayuran organik ke pasar maupun pusat perbelanjaan. Pada bulan Februari lalu, kebun hidroponik ini kembali mengadakan panen massal yang diikuti lebih dari 30 masyarakat desa.

Kemudian dalam menyikapi krisis pandemi, pada bulan April lalu Hankook Tire melakukan “Donasi Masker” untuk tenaga medis, yang diserahkan kepada Tim Gugus Tugas COVID-19 Dinas Kesehatan Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Badan Amil Zakat Nasional Pusat (Baznas), Dompet Dhuafa, dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Inisiatif ini sebagai upaya membantu masalah kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, sepanjang bulan Juli – Desember, Hankook Tire menggagas program “Donasi Ban”, sebuah inisiatif untuk mendukung mobilitas pelayanan publik sekaligus upaya membantu efisiensi anggaran operasional para instansi publik.

Hankook Tire menyiapkan 128 unit ban yang diberikan kepada 32 instansi publik seperti kantor kepolisian dan kantor kecamatan. Salah satu jenis ban yang disalurkan yaitu Hankook Kinergy Eco2dan Optimo yang merupakan ban serbaguna menggunakan teknologi ramah lingkungan, sehingga membantu efisiensi bahan bakar bagi kendaraan.

Di sisi lain, seiring penghargaan pemerintah daerah untuk Hankook Tire Indonesia, di bulan yang sama Hankook Tire Global (Hankook Tire & Technology Co., Ltd.) meraih sertifikat pengakuan dari Dow Jones Sustainability Indices (DJSI), atas kompetensi perusahaan global dalam menjalankan prinsip berkelanjutan (sustainability) pada kegiatan bisnisnya.

Hankook Tire menjadi satu-satunya perusahaan komponen auto dari Asia yang masuk ke dalam indeks ini bersama 323 perusahaan lainnya yang telah melalui proses evaluasi dan penilaian ketat.

Hankook Tire dinyatakan unggul dalam  kontribusi sosial dan manajemen rantai pasok (supply chain management).

Salah satu program CSR yang dijalankan adalah perlindungan spesies yang terancam di Daejon, Korea, yang menjadi bagian dari upaya manajemen biodiversitas dan restorasi ekosistem. ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *