Keren, SMA Taruna Bakti Raih Prestasi Internasional

Triphacks.id-Bandung. Yayasan Taruna Bakti (YTB) senantiasa berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam kemajuan dunia pendidikan dan melahirkan peserta didik dengan kualitas terbaik. 

Salah satu upaya YTB untuk ikut berperan serta dalam mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional diwujudkan dengan diraihnya prestasi di beberapa ajang kompetisi internasional, baik di Asia maupun Eropa seperti,  International Bosnian Science Project Olympiad (BOSEPO) 2021 yang diselenggarakan pada 19 – 20 Februari 2021 di Sarajevo, Bosnia and Herzegovina (Eropa) secara online. Klinka Fayruz Chalisa (kelas X) sebagai finalis berkontribusi membawakan judul penelitian “Vegetable Electricity”. Judul ini membahas tentang sumber energi terbarukan dari klorofil tumbuhan. Ajang ini diikuti oleh 184 tim dari 7 negara di dunia dan Indonesia meraih Medali Perunggu – BOSEPO 2021.

International Science Project Olympiad (INSPO) 2021, diselenggarakan pada 1 – 2 Mei 2021 di Istanbul, Turki dan diikuti oleh 15 negara. Siswi kelas X, yaitu Klinka Fayruz Chalisa dan Armelyza Alder Rustam berhasil meraih prestasi pada 3rd place – INSPO 2021, dengan membawakan riset mengenai sumber energi terbarukan dari klorofil yang disebut dengan istilah “Chlorophyta Fuel Cell (CFC)”.

SMA Taruna Bakti juga mengharumkan nama bangsa pada ajang International Online – Forum of Scientific Youth dengan tema “Step Into The Future” yang diselenggarakan pada 22 Maret – 30 April 2021 di Moscow, Rusia. Ajang ini merupakan kompetisi ilmiah berskala internasional yang diikuti oleh 1.078 peneliti muda dari 23 negara di dunia. 

Indonesia sukses diwakili oleh dua siswi kelas X, yaitu Klinka Fayruz Chalisa dan Armelyza Alder Rustam dengan judul project “CFC (Clorophyll Fuel Cell): Electricity Test of The Chlorophyll of Papaya Leaves (Carica Papaya L) As A Green Power Source of Electricity” dan berhasil meraih “Grand Award Winner” kategori Diplomas, established by “RusHydro” PJSC.

Yang paling terbaru, Gold Medal & Silver Medal berhasil diraih pada ajang International Science Project Competition (INTOC) Global yang diselenggarakan pada 30 April – 5 Juni 2021 di Ankara, Turki. 

Gold Medal dikontribusikan oleh siswi kelas X, yaitu Tasya Mulia Hasan dan Vitania Untari dalam bidang Social Sciences. Silver Medal dikontribusikan oleh Armelyza Alder Rustam dan Klinka Fayruz Chalisa dalam bidang Physics and Engineering. INTOC Global merupakan ajang kompetisi science project tingkat dunia yang diikuti oleh 23 tim dari 21 negara di dunia.

“Sebagai SMA dengan konsep pembauran yang berakhlak mulia dan unggul dalam prestasi, SMA Taruna Bakti senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kompetisi global, semoga ini menjadi sebuah konsistensi positif demi berkarya untuk bangsa”, ucap Asep Gunawan, Kepala Sekolah SMA Taruna Bakti.

“SMA Taruna Bakti yang dinaungi oleh YTB akan selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjadikan para peserta didiknya fokus menjadi insan pembelajaran terbaik di lingkungan sekitarnya dan cinta kepada tanah air dengan terus mengejar prestasi nasional dan internasional, untuk selalu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Pandemic is not barrier for us!”, jelas Ibramsyah Amir, Ketua Umum Pengurus Yayasan Taruna Bakti.ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *