Kopi Tembakau Posong

Triphacks.id – Jateng. Ketika matahari pagi mulai utuh bersinar, itulah saat yang pas untuk ngopi. Apalagi berada di tengah perkebunan tembakau dan kopi. Di Posong, Temanggung, ada kafe yang menjadi gardu pandang sekaligus menjual kopi dari hasil perkebunan sekitar.


Adalah Tuhar (52) warga Dusun Tlahab, temanggung yang menekuni kopi khas daerah tersebut. Yang menarik, di daerah Temanggung bisa dikatakan tembakaulah yang masih menjadi komoditi utamanya. Disisi lain, kota ini sebenarnya penyuplai kopi di Jawa Tengah. Hampir 60 persen kopi di Jawa Tengah berasal dari kota ini. Kualitas kopi Temanggung sendiri sekarang sudah mulai dikenal dunia.


Di sekitaran Dusun Tlahap, Kabupaten Temanggung, pohon kopi ini ditanam. Secara geografis, ini dataran yang sangat tinggi, kurang lebih sekitar 1600 Mdpl. Curah hujan di posong juga cukup tinggi. Makanya kesuburan tanah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman di sekitaran Posong tumbuh produktif, subur, hijau dan sejuk.


Kopi posong ini bitter nya cukup menonjol, tajam dan keras. Kopi ini merupakan varietas Catimor, hasil persilangan antara jenis Robusta dan Arabika. Untuk masalah aroma, banyak yang menyebutkan kopi Posong memiliki karakteristik “Tobacco acidity”. Menurut Tuhar, Temanggung dan Wonosobo adalah daerah dimana pohon-pohon tembakau tumbuh subur dan mendominasi tanah perkebunan.


“Jika pohon kopi ditanam dekat pohon tembakau, atau tanah bekas pohon tembakau, maka hasil akhirnya akan muncul aroma tembakau. Karakteristik tembakaunya cukup kuat,” kata Tuhar yang membuka pengelolaan kopi di rumahnya bernama Two Heart.


Di antara kesejukan udara pegunungan, Tuhar meracik kopi Posong untuk jenis Original, segera saja uap kopi menyebarkan aroma yang berbaur dengan harumnya tembakau. Bagi yang dating ke rumah pengelolaan kopi Two Heart, maka akan mendapatkan penjelasan mulai dari pemetikan buah kopi, penjemuran sampai pemasakkan biji kopi. ars

One thought on “Kopi Tembakau Posong

  • 05/03/2021 pada 2:12 pm
    Permalink

    Nikmatnya ngopi di pegunungan..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *