Pulau Onrust Pelepas Lelah Warga Jakarta

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau yang letaknya dekat dari Ibu Kota. Pulau Onrust terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Akses tercepat untuk mencapai kesana yaitu melalui Dermaga Muara Kamal. Ingat…Dermaga Muara Kamal, bukan Dermaga Muara Angke looh, jangan sampai kesasar, gak enak kan. Pingin senang-senang malah pusing. Walaupun sama-sama di pesisir utara Jakarta tapi letaknya berbeda jauh, so jangan sampai salah ya guysss.

Sebelum sampai dermaga anda akan melewati tempat pelelangan ikan, lebih kurang sekitar 150 meter sebelum dermaga banyak para pedagang menjajakan dagangannya. Ya..bisa dibayangkan ya.. becek dan bau amis pastinya. Jadi persiapkan pakaian dan sepatu yang nyaman. Untuk transportasi jika menggunakan sepeda motor anda dapat langsung memarkirkannya di dermaga, sedangkan jika menggunakan mobil sebaiknya parkir di pinggir jalan sebelum pelelangan, karena pada pagi hari jalan berubah menjadi pelelangan ikan yang sangat ramai. Jadi mau tidak mau kita harus berjalan kaki melewati pelelangan ikan yang becek dan bau amis itu.

Se sampainya di dermaga anda harus membeli tiket kapal penyebrangan untuk sampai ke Pulau Onrust, dan tiket yang dijual adalah tiket Pulang Pergi (PP). Jadi ketika pulang dari pulau, kita tidak perlu membayar lagi. Dari Dermaga Muara Kamal di butuhkan waktu lebih kurang 30 menit untuk sampai ke Pulau Onrust.

Pada masa kolonial Belanda, pulau ini sangat ramai, kapal-kapal Belanda berkunjung ke pulau ini sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust. Nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti Tidak Pernah Beristirahat.

Fungsi pulau ini pun berubah-ubah tatkala kapal-kapal dagang bangsa eropa mulai memasuki perairan utara Jawa. Mulai dari menjadi tempat peristirahatan Kesultanan Banten pada abat ke-16, galangan kapal, pangkalan militer, kamp tawanan, dan lokasi karantina haji pernah menjadi bagian sejarah pulau ini. Terlebih saat bangsa Belanda dan Portugis saling memperebutkan hak monopili perdagangan rempah-rempah di nusantara ini.

Pantai di Pulau Cipir
Pantai di Pulau Cipir

Berkunjung ke Pulau Onrust tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke pulau-pulau kecil di dekatnya. Seperti Pulau Kelor dimana terhampar pasir putih yang indah dan terdapat benteng Martello peninggalan bangsa Belanda yang dibangun oleh Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) untuk menghadapi Portugis pada abat ke-17. Pulau ini juga pernah menjadi saksi pernikahan Artis Rio Dewantoro dan Atikah Hasiolan pada 24 Agustus 2013.

Selain Pulau Kelor, anda juga bisa berkunjung ke Pulau Cipir atau orang suka menyebutnya Pulau Khayangan. Memasuki pulau ini kita akan di suguhkan sisa-sisa bangunan rumah sakit untuk menjalani perawatan dan karantina penyakit menular bagi jamaah haji Indonesia. Tapi itu dulu, saat ini Pulau Cipir menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Pulau ini selalu ramai saat weekend, terdapat beberapa warung makan disana, ada beberapa permainan air disana, seperti donut dan banana boat.

Jadi tunggu apalagi, tentukan tanggal wisata sekarang dan lepaskan kepenatan. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *