Menparekraf Tandatangani MoU Pembangunan Poltekpar Jawa Tengah di Sragen

Triphacks.id-Sragen, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menandatangani MoU pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar), Selasa (17/5/2022). Hal ini berkaitan dengan rencana Pemerintah  yang akan membangun Poltekpar Negeri di Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

Rencana pembangunan tersebut dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Saat itu, Ibu Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menawarkan tanah sebesar 20 hektar lebih kepada pemerintah. Kami yang memang ingin mengembangkan SDM di Jawa Tengah langsung tertarik untuk membangun Poltekpar baru di Sragen. Jadi, siapa cepat dia dapat, maka kami yang dapat hibahan tersebut,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, saat Weekly Press Briefing Kemenparekraf pada 17 Mei 2022.

Sandiaga menjelaskan, proses pendirian Poltekpar Negeri Sragen dilakukan secara bertahap mulai hari dan pembangunan dimulai tahun 2023. Dengan dana awal pembangunan mencapai Rp200 miliar dan pengembangan lebih dari Rp400 miliar

“Ke depannya, kami juga akan membuka peluang kerja sama dengan berkolaborasi dunia usaha. Karena, kalau melihat Poltekpar lainnya, hotel yang dibangun untuk mahasiswa belajar itu dibangun dan dikelola oleh industri atau swasta,” ungkap Sandiaga.

Pemilihan Gemolong sebagai lokasi Poltekpar Negeri juga memiliki alasan yang kuat. Pasalnya, Gemolong disebut sebagai simpang empat emas karena lokasinya berada di jalur Solo-Purwodadi dan Sragen-Salatiga.

Nantinya, Poltekpar Negeri ini akan mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) karena lokasinya berdekatan dengan Museum Manusia Purba Sangiran, Gunung Kemukus, dan Waduk Kedung Ombo. Poltekpar Negeri ini juga diharapkan dapat menghasilkan SDM yang mumpuni untuk membantu meningkatkan pariwisata di sekitaran Candi Borobudur.

Sandiaga juga mengingatkan bahwa poltekpar  yang sudah ada juga sudah menerima mahasiswa baru. “Saya mengingatkan kembali bahwa ke-6 Poltekpar melakukan pembukaan pendaftaran untuk Tahun akademik 2022/2023 hingga 27 Mei 2022. Penerimaan Mahasiswa Baru melalui 2 jalur seleksi yaitu Seleksi Bersama Masuk (SBM) dan Seleksi mandiri masuk (SMM), dimana kedua jalur tersebut akan memberikan kesempatan pilihan yang beragam untuk menjadi insan hospitality,”jelas Sandiaga.  

Untuk mendapatkan informasi lengkap dan terkini mengenai penyelenggaraan SBMTNP T.A. 2022/2023, para calon mahasiswa dapat mengakses langsung situs https://sbmptnp.kemenparekraf.go.id/. ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.