Nikmatnya Santapan Thailand Selatan di The Slate

Trpihacks-id-Phuket, Thailand, Meskipun perjalanan internasional tidak termasuk dalam menu, The Slate, resor tepi pantai yang terinspirasi oleh seni di pantai barat laut Phuket, memberi para tamunya kesempatan untuk merasakan cita rasa otentik Thailand selatan dalam kenyamanan dari rumah mereka sendiri.

The Slate adalah pusatnya salah satu restoran Thailand terbaik di dunia, Black Ginger, yang menyerupai desa kuno Thailand mengapung di atas laguna yang tenang dan hanya dapat diakses dengan rakit. 

Dalam suasana yang mempesona ini, tim kuliner dipimpin oleh Chef Anongrat “Piak” Meklai menggunakan bahan-bahan segar lokal dan teknik memasak kontemporer untuk membuat resep kuno. Hasilnya sungguh sensasional dan tidak mengherankan jika destinasi bersantap yang memukau ini telah direkomendasikan oleh Michelin Guide.

Chef Piak mengundang penggemar dan pengikut The Slate, dan semua pecinta makanan Thailand, untuk membuat ulang hidangan khasnya di dapur mereka sendiri dengan serial baru masakan rumahan. Resep pertama adalah hor mok talay – puding hidangan laut dengan kari merah dan santan.

Hidangan lezat ini, yang dapat ditemukan di warung pinggir jalan, tempat makan yang dikelola keluarga dan restoran kelas atas di seluruh provinsi selatan Thailand, mencakup makanan laut segar dari Laut Andaman, termasuk udang, cumi-cumi dan kakap merah, dicampur bersama dengan santan pasta kari merah, daun jeruk purut, kecap ikan, gula pasir, dan daun cha-plu. 

Hasilnya adalah mousse yang sangat dekaden namun sangat ringan dan lembut yang secara sempurna menyeimbangkan sensasi manis, asam, pedas, dan asin. Dengan begitu banyak rasa dan wewangian, setiap gigitan akan membawa selera makan malam kembali ke pantai Phuket yang tenang.

Hor mok talay bisa dinikmati sendiri sebagai camilan yang mengenyangkan atau sebagai hidangan utama dengan nasi melati. Chef Piak suka menyajikannya dengan salad bok choy asal Asia Tenggara, bawang merah, daun bawang, daun kemangi, ketumbar, cabai merah, gula, kecap ikan, dan air jeruk nipis. Sebagai spesialisasi makanan laut, akan semakin menggugah selera jika ditemani dengan segelas anggur putih segar yang dingin, seperti Reisling.

“Di Black Ginger, kami bangga menampilkan masakan Thailand selatan terbaik kepada dunia. Kami sangat rindu dengan tamu kami, dan terutama melihat senyuman di wajah mereka saat mereka mencicipi hidangan lezat untuk pertama kalinya. Itulah mengapa kami membuka resep hor mok talay, salah satu menu kami yang paling populer, sehingga pengunjung kami yang kami cintai dapat menikmati rasa The Slate tanpa meninggalkan rumah, “komentar Chef Piak.

“Hal yang fantastis tentang hor mok talay adalah pembuatannya tidak rumit, tetapi terasa eksotis dan menciptakan hubungan sensorik lintas benua. Sebagian besar bahan harus mudah dibeli di supermarket, tetapi para tamu dapat menukar daun cha-plu dengan daun salad jika perlu, dan para vegetarian bahkan dapat menggunakan tahu sebagai pengganti makanan laut, ”tambahnya.ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *