Optimisme Pariwisata Berkelanjutan sebagai Masa Depan Perekonomian

Triphacks.id-Jakarta, MarkPlus, Inc. kembali menghadirkan acara tahunan Planet Tourism Indonesia (PTI) selama dua hari pada tanggal 22-23 September 2021. Pada hari pertama, acara ini akan dibahas secara eksklusif isu-isu relevan terkait pariwisata berkelanjutan dengan mengundang berbagai pembicara nasional dan Internasional berlatar belakang pentahelix seperti Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (Menteri Kemenparekraf Republik Indonesia), Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. (Wakil Gubernur Bali), Hermawan Kartajaya (Founder & Chairman MarkPlus, Inc.), Zulkieflimansyah (Gubernur Nusa Tenggara Barat), Nia Niscaya (Wakil Bidang Pemasaran Kemenparekraf), dan masih banyak lagi.

“Pariwisata merupakan penggerak yang harus kita kendalikan karena kita yang mengontrol data wisata, penerapannya pada teknologi dan manusia.” ujar Hermawan Kartajaya dalam membuka PTI 2021. Animo masyarakat untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kembali menghadapi ketidakpastian pada Juli 2021.

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah untuk memperketat pembatasan sosial dengan label PPKM Level 1-4 sebagai tanggapan atas catatan jumlah kasus harian Covid-19 yang melebihi 50.000 hasil tes positif per hari. Kebijakan ini menimbulkan potensi gagalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal ketiga 2021. Bali khususnya, pulau yang bergantung pada pariwisata dan ekonomi kreatif sedang dalam masalah.

Mengusung 4 pilar pariwisata berkelanjutan oleh Global Sustainable Tourism Council yaitu manajemen keberlanjutan, sosial dan ekonomi, budaya, dan lingkungan, MarkPlus, Inc. mengangkat pilar kedua GSTC yaitu sosial dan ekonomi untuk menjadi fokus diskusi Planet Tourism Indonesia 2021.

Diskusi pada sesi panel discussion PTI 2021 akan membahas pemahaman pariwisata berkelanjutan sebagai kunci utama untuk memulihkan perekonomian Indonesia dalam menyambut “The New Era of Responsible Tourism”. Sambutan lainnya juga disampaikan oleh Tantowi Yahya selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk New Zealand dimana beliau menyampaikan tentang strategi pemerintah, “Selandia Baru mengubah krisis menjadi peluang kedepannya seperti konsolidasi internal, meningkatkan pariwisata dalam negeri, dan kesuksesan dalam menekan angka virus Covid -19.”

Tak hanya disklusi ekslusifnya, Planet Tourism Indonesia 2021 yang dihadiri lebih dari 500 pendaftar akan dimeriahkan dengan penganugerahan bergengsi Branding Campaign Award for Sustainable Destinations 2021, Tourism and Creative Campaign Award 2021, Entrepreneurial Destination Award 2021, Declaration Sustainable Destination Commitment 2023, serta cultural performance yang mengangkat kebudayaan Indonesia.

Penganugerahaan Branding Campaign Award for Sustainable Destinations 2021 yang telah diumumkan di hari pertama diadakan sebagai bentuk dorongan kepada para pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang telah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam beberapa tahun terakhir agar lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai destinasi yang telah menerapkan prinsip-prinsip sustainable destination.ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *