Pelaku Parekraf di Kepulauan Riau Berkomitmen Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Triphacks.id-Batam,Pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Kepulauan Riau berkomitmen untuk meningkatkan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan sebagai syarat utama dalam upaya membangkitkan kembali sektor parekraf dari dampak pandemi COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan travel buble menjadi salah satu wacana yang diharapkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Riau. Untuk mewujudkannya, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik sehingga angka penularan COVID-19 dapat dikendalikan.

“Saya mendengar motivasi dan masukan dari pelaku parekraf Kepri dan juga pemangku kepentingan, semua berkomitmen untuk meningkatkan kepatuhan dari protokol kesehatan seperti 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker) dan meningkatkan 3T (trace, test, treat) dan juga mendistribusikan vaksin secara maksimal,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai acara “Ramah Tamah dan Diskusi Perkembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Provinsi Kepulauan Riau), Jumat (23/1) di Hotel Grand-I, Batam.

Kemenparekraf/Baparekraf dikatakannya akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga dan pihak terkait lainnya seperti Satgas COVID-19 agar kemungkinan pembukaan secara terbatas di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terkait masuknya wisatawan mancanegara secara ketat dan disiplin ke Provinsi Kepri.

Namun ia memastikan pemerintah tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Penting untuk melihat dan mengkaji data perkembangan yang ada.

“Kita tidak ingin terlalu terburu-buru dan juga tidak ingin menjanjikan hal yang terlalu muluk, tapi kami memiliki satu komitmen yang kami ingin hadirkan agar sektor pariwisata termotivasi untuk menyiapkan diri khususnya dari sisi kesehatan. Semakin kita meningkatkan sektor kesehatan, semakin siap kita untuk membuka perbatasan kita untuk wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *