Red Planet Indonesia Tbk Tetap Optimis Dimasa Pandemi

Triphacks.id-Jakarta. Paparan ini disusun oleh PT Red Planet Indonesia, Tbk. (“Perseroan”) semata-mata untuk tujuan informasi kepada publik dan bukan merupakan suatu penawaran untuk menjual/rekomendasi/permintaan dari penawaran,  untuk membeli sekuritas apapun dan tidak ada satupun yang terkandung dalam paparan ini akan menjadi dasar dari kontrak atau komitmen Perseroan. 

Pihak Red Planet Indonesia  mengingatkan bahwa proyeksi, estimasi ataupun jadwal yang dimuat dalam paparan ini didasarkan pada berbagai asumsi, resiko dan ketidakpastian, yang banyak diantaranya sulit untuk diprediksi dan secara umum berada diluar kemampuan pengendalian Perseroan. 

Oleh karenanya, tidak ada pernyataan dan jaminan dari Perseroan baik secara tegas maupun tersirat sehubungan dengan keakuratan, kelengkapan dari informasi yang disampaikan dalam paparan ini.

 Baik Perseroan, Direksi dan Dewan Komisaris serta karyawan tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas keakuratan dan kelengkapan dari proyeksi dan estimasi yang disampaikan dalam paparan ini. Perseroan tidak bekewajiban atas pemutakhiran, estimasi ataupun jadwal setelah tanggal paparan.

Sekilas Tentang Red Planet Indonesia

Bagian dari Grup Red Planet Hotels – jaringan hotel terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia yang berfokus pada sektor hotel ekonomis. Kantor Pusat berlokasi di Jakarta, dimana hotel pertamanya, Red Planet Pasar Baru mulai beroperasi di tahun 2012. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2014 dengan kode saham PSKT.JK. Memiliki 200 karyawan di Kantor Pusat Jakarta dan seluruh properti hotel.

Red Planet Indonesia memiliki  7 hotel di Indonesia, Pekanbaru 139 rooms, Palembang 146 rooms, Bekasi 156 rooms , Jakarta Pasar Baru 161 rooms,  Solo 152 rooms,  Surabaya 155 rooms,  Makassar 144 rooms,  total 1,053 rooms.

Hadir dalam acara pemaparan pada Senin (31/8) diantaranya Suwito,President Director, Nancy Nataleo selaku  Chief Financial Officer and Corporate Secretary, Binariyanti Sembiring, Regional Director Sales and Marketing, Kennedy Tahiran, Regional Director of Revenue dan lainnya. 

Laporan Laba Rugi Konsolidasian 2019 vs 2020 (Diaudit).

Berikut ini adalah rincian komponen Laba Rugi komprehensih konsolidasian Perseroan untuk tahun yang terakhir pada tanggal 31 Desember 2020, yang komponen-komponen pokoknya telah diuraikan sebelumnya.

1. Perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp42,43 miliar. Jumlah tersebut menurun  37,76 persen atau sebesar Rp25,74 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp68,17 miliar. Penurunan pendapatan usaha khususnya dipengaruhi oleh penurunan pada pendapatan kamar sebesar Rp20,16 miliar serta pendapatan makanan dan minuman sebesar Rp3,83 miliar yang disebabkan oleh pandemic Covid-19 sejak pertengahan Maret 2020 sampai dengan saat ini, dimana pada triwulan 2 dan triwulan 3 Pemerintah memberlakukan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hamper di seluruh kota-kota besar di Indonesia, sehingga mengakibatkan  penurunan drastic dalam pergerakan perekonomian dan mobilitas masyarakat antar kota baik untuk kegiatan bisnis maupun wisata lokal.

2. Sejalan dengan  menurunnya pendapatn usaha dan berbagai efisiensi biaya secara ketat dan pengurangan biaya, maka laba kotor Perseroan mengalami penurunan sebesar41,51 persen atau setara Rp15,01 miliar dari Rp36,16 miliar pada tahun 2019 menjadi Rp21,52 miliar pada  tahun 2020.

3. Perseroan mencatat rugi sebelum pajak sebesar Rp22,96 miliar, meningkat 96,41 persen atau setara Rp11,27 miliar dibanding  tahun 2019 sebesar Rp11,69 miliar.Meningkatnya rugi sebelum pajak terutama bersumber dari peningkatan rugi operasi sebesar  Rp11,93 miliar.

Strategi Perseroan

Fokus kepada kebutuhan dan kepuasan konsumen. Meningkatkan aspek pemasaran di berbagai media.  Mengarahkan reservasi hotel melalui platform Red Planet.

Mengarahkan Bisnis ke Platform Sendiri  seperti Penambahan Fitur Belanja di Aplikasi Red Planet.

Hotel yang telah memiliki  Sertifikasi CHSE KEMENPAREKRAF, Sertifikasi CHSE SUCOFINDO dan  Protokol Red Planet Hotels Untuk Covid-19 ini juga melakukan beberapa kegiatan seperti  Program WWF “Signing Blue”. 

Perseroan bekerja sama dengan WWF Indonesia melalui Program Signing Blue untuk mewujudkan kepariwisataan bahari yang bertanggung jawab (responsible marine tourism/RMT). Signing Blue memiliki perangkat marine tourism improvement program (MTIP) yang memungkinan pelaku kepariwisataan mengetahui level praktik keberlanjutan yang telah dilakukan.

Program Signing Blue bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berkomitmen untuk menerapkan praktik pariwisata bahari yang bertanggung jawab, membantu perusahaan mencapai praktik terbaik untuk pariwisata bahari yang bertanggung jawab melalui program peningkatan pariwisata, mempromosikan layanan wisata bahari yang bertanggung jawab melalui jaringan bisnis, mendorong pengembangan kerangka kebijakan yang menguntungkan untuk penyedia pariwisata bahari yang bertanggung jawab di tingkat nasional, serta mendidik wisatawan tentang urgensi penerapan wisata bahari yang bertanggung jawab melalui pemilihan penyedia tur. Bergabungnya Perseroan dalam Program Signing Blue sebagai salah satu wujud komitmen Perseroan dalam aksi berkelanjutan dari kepedulian Perseroan terhadap lingkungan, khususnya lingkungan bawah laut.

Kegiatan Earth Hour

Perseroan berpartisipasi dalam Gerakan Earth Hour yang diselenggarakan pada 28 Maret 2020. Gerakan Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dengan tujuan mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah di seluruh dunia untuk menunjukkan kepedulian dan kontribusinya terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim secara simbolis melalui aksi mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan selama 60 menit, setiap hari Sabtu di pekan terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Dalam peringatan earth hour 2020, seluruh penerangan yang tidak diperlukan di Red Planet Hotel Indonesia dimatikan selama 1 jam mulai dari pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. ars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *